Wednesday, June 27, 2012

IMPOME 2012, The Story Begin #a preparation

Tahukan tentang beasiswa Impome? atau dikenal juga dengan beasiswa PMRI. Nah saya mencoba untuk mengapply beasiswa ini, dan alhamdulillah bisa lulus menjadi salah satu calon mahasiswa International Master Programme on Mathematic Education. Untuik angkatan saya ini ada 30 orang calon mahasiswa yang telah lulus untuk segera memulai perkuliahan.
Proses apply beasiswa ini lumayan memakan waktu yang lama. Tahapannya sih sedikit tapi jeda waktunya lama sekali. sejak pengumuman pembukaan pendaftaran di bulan Oktober 2011 sampai sekarang telah keluar jadwal daftar ulang bagi yang lulus yakni tanggal 19 Juni 2012 lalu. Itu pun baru untuk yang ditempatkan di Unesa Surabaya (15 orang), sedangkan yang di Unsri Palembang belum ada jadwal kapan daftar ulang dan mulai kuliahnya.
Beasiswa ini merupakan kerjasama IP PMRI di Indonesia dengan FI Utrecth di Belanda. Perkuliahan semester awal dilakukan di Indonesia yang dikerjasamakan dengan Unesa Surabaya dan Unsri palembang. Kemudian bagi yang layak menurut tim seleksi berkesempatan untuk kuliah kurang lebih 1 tahun di Utrecth Belanda, sedangkan yang tidak tetap melanjutkan kuliah di universitas Indonesia tersebut. Setelah satu tahun di belanda mahasiswa Impome akan dikembalikan ke Unesa/ Unsri untuk melanjutkan penelitian dan penulisan Thesis.
Dan uniknya lagi kerjasama yang dimulai sejak tahun 2009 untuk periode 5 angkatan (saya angkatan ke 4 (2012)), biasanya ada sedikit perberbedaan prosesnya disetiap angkatan. Nah untuk angkatan saya, kami melalui 3 seleksi. Seleksi I adalah seleksi di universitas asal tempat kuliah masing-masing untuk mendapatkan SK CTAB (SK calon tenaga akademik baru). Seleksi ini belum melibatkan Tim PMRI karena ini tergantung bagaimana si calon mendapatkan rekomendasi sebagai calon dosen dari universitas asalnya. Dan saya yakin ini berbeda-beda bagi setiap calon mahasiswa impome ini.
Yang saya alami di Pend Mtk UNP, kami para peminat menajukan permohonan dilengkapi dengan berkas-berkas pendukung. Setelah itu pihak jurusan melakukan pembahasan dan juga seleksi dengan kriteria-kriteria yang mereka tetapkan. Akhirnya didapatkan hanya satu yang direkomendasikan sebagai CTAB Prodi Pendidikan Mtk (pmri). dan alhamdulillah yang satu itu saya :) .
Seleksi II yaitu seleksi berkas. Inilah proses seleksi pertama oleh TIM PMRI. Kami mengirimkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sahabat bisa lihat syaratnya di web www.pmri.or.id
Seleksi III yaitu seleksi wawancara. Dari seleiksi berkas kalau tidak salah ada sekitar 49 an orang yang lulus (angka pasti cek di web PMRI). Untuk daerah Sumbar ada 4 orang dan alhamdulillah saya salah satunya.
NO
UNESAUNSRI
1
Ahmad KhairudinAchmad Dhany Fachrudin
2
Andika Wahyu FerdiansyahAhmad Wachidul Kohar
3
Andrea Arifsyah NSTAmbarsari Kusuma Wardani
4
Cici Tri WanitaBoni Fasius Hery
5
Dimas Danar SeptiadiFanny Fathoni
6
Herani Tri LestianaGida Kadarisma
7
Lidya CahyaniI. Ketut Kertayasa
8
Nur Rahmi DesianaIrkham Ulil Albab
9
Pipit FirmantiNikmatul Husna
10
Rafael Marianus RusikSitti Busyrah Muchsin
11
Ronal RifandiSri Rejeki
12
Said Fachry AssagafTalisadika Maifa
13
Siti Jakiyah MutmainahUmmy Salmah
14
Thaibil AnwarWahid Yunianto
15
Yoga Dwi Windy Kusuma NingtyasWisnu Siwi Satiti


No comments:

Post a Comment

Bit by Bit

I continue to strive against my procrastination, giving my best effort. Alhamdulillah, sometimes I make progress, but at other times, I find...